breaking news

SISWA SMK-12 SURABAYA UNJUK KARYA

April 27th, 2018 | by rhizal
SISWA SMK-12 SURABAYA UNJUK KARYA
Indoor Events
0

Surabaya,- Siswa-Siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 12 Surabaya, akan menggelar hasil tugas akhir di Gedung JX-International 3 – 5 Mei 2018. Semua Karya siswa-siswa SMK yang dipamerkan, bisa dibeli umum atau untuk dikoleksi. Selain itu juga akan digelar Seminar Nasional, Sekolah Menengah Kejuruan ke Depan dengan pembicara Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, SH, Mhum, atau Pak De Karwo.

“Memang acara yang diberi judul “Diversity of Creation” atau Pameran Tugas Akhir siswa SMKNB 12 Surabaya, diawali dengan Seminar Nasional yang dihadiri seluruh Kepala Sekolah SMK se-Jawa Timur. Sebagai Pembicara Pak Dhe Karwo sendiri, karena dianggap telah berhasil menggarap SMK di seluruh Jawa Timur. Baik yang normal maupun program SMK Mini di Pondok Pesantren. Pak Dhe akan membahasanya, bagaiman prospek SMK dan Lulusan ke depan”, ujar Drs. Birawa Sakti Pracihara, M. Pd, Kepala SMKN 12 Surabaya.

Menurut Pak Praci, begitu panggilan akrabnya, event ini setiap tahun digelar oleh SMKN Surabaya. Ini merupakan kebanggaan siswa-siswa SMKN 12 dalam memungkasi tugas belajarnya, mereka bisa memarkannya kepada masyarakat luas, sebagai tanggung jawab sosialnya. “Saya berharap, dengan adanya event ini, masyarakat bisa membuka mata tentang potensi yang dimiliki masing-masing siswa SMKN. Baik dalam bidang seni melukis, tari, kriya dan audio visual. Semua bisa dilihat”, tambah Kepala sekolah yang dikenal pelesatri seni budaya Indonesia melalui lembaga pendidikannya ini.

Saat pemaran nanti, masyarakat bisa juga membeli atau mengkoleksi hasil karya para siswa yang dipamerkan. Baik itu berupa lukisan, aneka kriya dan kerajinan. Ajang ini juga bisa digunakan bagi para pengusaha mulai tingkat menengah hingga besar, untuk memilih calon-calon tenaga terlatih dan terdidik. “Silahkan bila manyarakat mau mengapresiasi hasil karya siswa-siswa, dengan membelinya. Ini memang hasil karya mereka, tentu akan senang bila diapresisasi. Jika ada para pengusaha kesulitan mencari tenaga trampil, pada kesempatan itu bisa langsung melihat dan menguji kemampuan siswa kami sesuai kebutuha” tegas Kepala Sekolah yang sebelumnya mengajar mata pelajaran Desain Komunikasi Visual itu.

Pementasan seni pada acara ini, akan diisi oleh siswa-siswi SMKN-12 sendiri, mulai tari, musik, gamelan. Sesuai jurusan yang ada, untuk menghibur masyarakat. “Melalui pentas seni tersebut, jika kelak ada masyarakat yang membutuhkan para penari dan pengrawit untuk acara ceremonial kantor dan lembaganya, bisa melihat kemampuan siswa-siswa SMKN yang sudah lama dikenal sebagai pencetak seniman-seniman tari handal”, kata Praci meyakinkan.

Pada malam kedua, akan tambil Wayang Kulit dan dalangnya juga siswa SMKN-12. “Ini memang siswa jurusan pedhalangan, sejak awal mereka sudah punya minat di duani pewayangan. Makanya untuk bidang kesenian, SMKN 12 ini relatif komplit”, pungkas Praci.

pensi2

pensi3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *