breaking news

Pohon Siwalan Pohon Kehidupan

August 30th, 2018 | by rhizal
Pohon Siwalan Pohon Kehidupan
Indoor Events
0

Surabaya,- www.jx.co.id Ketika melukis pohon siwalan, Robert Santari sudah seperti menggambar anggota tubuh sendiri. Hapal luar kepala. Tidak hanya hapal, pohon siwalan dalam lukisan Santari seakan bernyawa. Hidup. Sebagaimana siwalan yang berdiri berjajar-jajar di daerah pesisir pantai Tuban.

Hijau helai daunnya yang tebal menunjuk ke atas langit. Serupa kipas. Sedang daun-daun yang lebih tua, berwarna hijau kecoklatan, tangkainya melengkung ke arah bawah. Dari kejauhan, gigir duri yang berujung dua masih samar-samar terlihat.

Daun-daun yang ditopang oleh kekokohan batang. Batang kehitaman yang memperlihatkan ketabahan ditempa puluhan tahun usia. Batang yang tampak berdiri tegas, keras, serta berat. Lukisan Robert Santari menempatkan pohon siwalan seolah menjadi pusat tumbuhan lain di sekitarnya.

Begitulah, lukisan-lukisan pria kelahiran Tuban, 16 Februari 1972, ini seperti mengajak orang untuk berpetualang keliling desa-desa di pesisir utara pulau Jawa. Mengajak orang untuk lebih mengenal pohon siwalan atau kadang disebut lontar. Pohon yang batangnya, pelepahnya, daunnya, buahnya sanggup memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Bisa untuk kerajinan tangan, untuk perabotan rumah tangga, untuk legen yang segar itu, dan juga (dulu) untuk menulis babad-babad sejarah Jawa.

“Pohon siwalan ini memang sebagai pohon kehidupan,” tutur Robert Santari yang bulan Agustus 2018 ini barusan kelar berpameran di Jakarta, di mana hampir seluruh lukisannya sold out.

Penasaran dengan lukisan pohon siwalan Robert Santari, saksikan nanti dalam Indonesia Art Mart atau Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) ke-11, pada tanggal 12 – 21 Oktober 2018, di JX International Surabaya.

Ribut Wijoto

Sumber: Facebook Pasar Seni Lukis Indonesia

jx-pohon-3 jx-pohon-2 jx-pohon-4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *