breaking news

EKSPRESI BUNGA KANA PADA LUKISAN MUKHIBAN

September 24th, 2018 | by rhizal
EKSPRESI BUNGA KANA PADA LUKISAN MUKHIBAN
Indoor Events
0

Surabaya,- www.jx.co.id  Mukhiban melukis bunga kana atau dalam bahasa Jawa sering disebut ‘kembang ganyong’. Dengan cat akrilik di atas kanvas, lukisan Mukhiban tampak cukup ekspresif. Mahkota kembang berwarna merah menyala. Ada paduan warna kuning sehingga sekilas mirip kobaran api.

Di tempat Mukiban berdomisili, yaitu kota Surabaya, bunga kana memang sedang trend. Banyak menghiasi taman-taman kota dan ruang fasilitas umum (fasum). Maklum, bunga kana (yang konon bunga kesukaan Andre Breton, tokoh pendiri aliran Surelisme) sangat mudah ditanam dan tahan terhadap polusi.

Tanpa ditutup-tutupi, Mukhiban mengakui sangat suka dengan bunga. Keindahan bunga mampu menggugah munculnya inspirasi dan ide-ide baru. “Saya suka keindahan bunga, mulai kecil sampai sekarang, dari tekstur dan warnanya yang sangat indah,” tuturnya.

Selain bunga, Mukhiban mengaku sangat suka sawah. “Saya melukis sejak kecil. Saya dulu pernah tinggal di desa. Saya sangat menyukai alam desa, pemandangannya bagus terutama sawah-sawah dengan hamparan padi yang luas menguning,” tutur pelukis yang sudah sejak tahun 1990-an aktif di berbagai pameran itu.

Nah, penasaran dengan lukisan Mukhiban, saksikan nanti dalam Indonesia Art Mart atau Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) ke-11, pada tanggal 12 – 21 Oktober 2018, di JX International Surabaya.

Ribut Wijoto
Sumber: facebook Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI)

jx-karna-1b jx-karna-2 jx-karna-3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *