breaking news

KARYA LUKISAN BISA MELAMPUI REALITASNYA

October 5th, 2018 | by rhizal
KARYA LUKISAN BISA MELAMPUI REALITASNYA
Indoor Events
0

Surabaya,- www.jx.co.id Lukisan ayam hutan dari Yusswantoro ini mengindikasikan, karya seni rupa tidak sekadar memindahkan apa-apa yang terlihat di realitas ke atas kanvas. Bahwa, lukisan bukan semata tiruan realitas. Tetapi, pelukis (baca: kreator) punya kewenangan untuk mengolahnya.

Bermain dengan gradasi warna dari gelap ke terang, objek dalam lukisan Yusswantoro bisa lebih hidup dilihat. Malahan lebih hidup dari kehidupan itu sendiri. Warna ayam hutan dalam lukisan tampak lebih menyala dibanding ayam hutan yang sebenarnya. Melampau realitas.

Tidak hanya ayam hutannya, daun-daun kering yang berserakan di tanah pun warnanya lebih menyala. Juga hijau daun yang menjuntai. Termasuk beberapa batang pohon yang berada di barisan muka.

Melalui permainan warna, pelukis asal Jepara ini seperti memberi fokus pada objek tertentu. Sehingga keberadaan objek tersebut lebih menonjol dibanding objek-objek lain di sekitarnya.

Penasaran dengan karya Yusswantoro, saksikan nanti dalam Indonesia Art Mart atau Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) ke-11, pada tanggal 12 – 21 Oktober 2018, di JX International Surabaya.

Ribut Wijoto Yusswantoro

jx-lukis-ayam-1b jx-lukis-ayam-2 jx-lukis-ayam-3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *