breaking news

TERKESIMA LUKISAN SEDERHANANYA ARIS KONENG

October 5th, 2018 | by rhizal
TERKESIMA LUKISAN SEDERHANANYA ARIS KONENG
Indoor Events
0

Surabaya,- www.jx.co.id Aris Koneng bilang lukisan-lukisannya sederhana. Baik dari segi warna maupun segi goresan, kesemuanya sederhana. Tema-tema yang digarap oleh pelukis asal Jember yang berdomisili Bali ini juga sederhana.

Sederhana yang bagaimana? Aris Koneng tidak menjelaskan. Dia hanya bilang: “Karya saya adalah sederhana”.

Ya sudahlah, mari kita tengok saja perwujudan ‘sederhana’ itu melalui lukisannya. Semisal lukisan yang berjudul ‘Malaikatku’. Di situ Aris Koneng menampilkan seorang bocah (mungkin usia sekitar 10 tahun) yang sedang jongkok.

Bocah yang memakai kaos ungu. Oleh sebab terlalu lusuh, warna ungunya bukan lagi manis seperti nyanyian lagu-lagu grup band Ungu. Kaos itu ungu yang kusam. Lebih kusam lagi celana yang dikenakannya. Dan yang paling kusam adalah tatapannya.

Sebuah tatapan yang seperti tidak memahami maksud dunia. Tatapan susah. Tatapan bocah yang mungkin telah kenyang dengan menderita, tak punya solusi, menghiba namun tidak yakin akan mendapat simpati, protes tapi tak punya power, sehingga dia terpaksa pasrah.

Rambut kumal turut mencerminkan nasib si bocah itu. Ditambah lagi lilitan rantai di kaki. Ditambah lagi, Aris Koneng memberikan latar dengan dominasi warna gelap. Abu-abu, kuning, coklat, biru dove. Kemalangan si bocah semakin lengkap. Dan Aris Koneng memberi judul ‘Malaikatku’.

Dalam lukisan-lukisan yang lain, Aris Koneng hampir selalu menampilkan sosok orang-orang berwajah susah. Wajah orang tidak bahagia. Dan dia mengatakan bahwa lukisan-lukisannya sederhana.

Nah jika penasaran dengan karya sederhana Aris Koneng, saksikan nanti dalam Indonesia Art Mart atau Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) ke-11, pada tanggal 12 – 21 Oktober 2018, di JX International Surabaya.

Ribut Wijoto

jx-lukis-keris-1b jx-lukis-keris-2 jx-lukis-keris-3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *